Apa Salahnya Menggunakan Mode Auto?

"Yaelah, kamera doang mahal! Foto masih pake mode auto. Kayak gue dong, pake manual terus."
Masih ada ga ya yang ngomong begitu? Kalo ketemu, gue nitip satu kalimat.

"Jangan goblog begitu..."

Image source: karbosguide.com (https://lenskit.files.wordpress.com/2009/11/auto-mode.jpg)


Kamera DSLR dan mirrorless secara umum sudah dibekali dengan mode auto. Buat yang tidak tahu, mode auto bekerja secara otomatis mengukur komposisi pada kamera untuk menangkap gambar yang bagus. Penjelasan yang tidak berguna, bukan?

Namun saat orang menggunakan mode auto, ada saja dari fotografer lain yang memandang sebelah mata. Seakan akan mode auto hanya digunakan oleh kaum cuma-bisa-jepret. Itulah yang membuat mode auto hina. Dikucilkan oleh mode mode lain disekitarnya.

Padahal mode auto sendiri diciptakan oleh produsen kamera buka karena tidak ada alasan. Mereka menciptakan mode auto untuk mempermudah para fotografer untuk mengambil gambar. Lagi lagi, penjelasan yang tidak berguna, bukan?

Maksudnya, mode auto disini berguna disaat momen selalu berubah ubah dan tidak memungkinkan untuk menggunakan mode manual. Atau bisa digunakan juga saat sedang males untuk mengatur eksposure, dan membiarkan kamera bekerja dengan otomatis. Sah sah saja, namanya juga teknologi. Tujuannya mempermudah kinerja manusia.

Apalagi udah bayar kamera mahal, masa mode auto nya kagak dipake.

Namun ada juga saatnya kita menggunakan mode manual juga. Agar kita juga belajar bagaimana mengatur komposisi di setiap situasi. Dan terkadang saat memakai manual, foto yang kita buat bisa menjadi lebih bagus daripada menggunakan mode auto.

Jadi jangan menyepelekan mode auto, dan jangan lupa juga untuk menggunakan mode manual. Keduanya diciptakan memiliki fungsi masing masing. Maksimalkan penggunaan fungsi tersebut untuk menghasilkan foto foto yang bagus.

Itulah beberapa kata yang ingin gue bagikan. Lalu, bagaimana dengan kamu? Disaat seperti apa akan menggunakan mode auto dan mode manual? Silakan tulis di kolom komentar, biar pembaca yang lain saling tahu.


And see you on the next post!

Komentar