Street Hunting Harus Simpel

Image source: digital-photography-school.com (https://i1.wp.com/digital-photography-school.com/wp-content/uploads/2016/06/2_prince_and_broadway.jpg?resize=750%2C499&ssl=1)

Street hunting adalah kegiatan memburu foto di sekitaran jalan. Kegiatan ini salah satu menjadi favorit, karena kita akan langsung turun ke lapangan dan memotret keadaan disekitar. Sehingga kita bisa lebih mengetahui apa yang terjadi di foto tersebut nantinya.

Untuk melakukan kegiatan street hunting, kita tidak perlu membawa peralatan yang bikin ribet. Bahkan (menurut gue) kita dituntut untuk menjadi sesimpel mungkin. Hal ini tentu memiliki beberapa alasan.



Keamanan.
Ini gue jadikan alasan pertama. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di jalanan. Yang pasti kita tahu, selalu ada orang jahat di luar sana. Maka agar terhindar dari aksi kejahatan (copet, jambret, rampok) sebaiknya kita tidak terlalu mencolok dengan barang bawaan. Khususnya untuk fotografi, contohnya membawa lensa.

Ada beberapa kejadian yang gue baca tentang perampokan dengan korban fotografer. Rampok tersebut dikatakan sering beraksi di daerah daerah yang selalu dijadikan tempat hunting. Jadi mereka sudah tahu spot spot yang akan dikunjungi fotografer.

Jadi kalo bingung hunting dimana, tanya para copet. Mereka punya banyak referensi.


Mencolok
Ini juga berhubungan dengan yang pertama. Bila terlalu terlihat mencolok, sangat memungkinkan untuk menjadi sasaran copet. Makanya kita harus sesimpel mungkin.

Lalu, mencolok disini juga memiliki maksud lain.

Begini,
bagaimana perasaan orang bila ditodong lensa oleh orang yang tidak dikenal?

Mereka akan merasa tidak nyaman dengan hal tersebut. Walaupun objek utamanya bukan dia. Emang ke GR an aja.

Jadi, kita tidak boleh terlihat mencolok. Pakai peralatan yang biasa saja. Kamera dengan lensa standar sudah cukup. Dengan begitu, orang orang tidak akan merasa risih. Betul?


Hujan
Bukan hal yang penting, namun tidak bisa disepelekan. Jarang bagi kita sebagai orang Indonesia untuk melihat ramalan cuaca. Kita lebih senang dengan ramalan jodoh. Itulah kenapa kita sering galau ketika hujan, sambil bersender di kaca titemani dengan titik titik air.

Halah.

Maksud gue, menggunakan peralatan sesimpel mungkin juga meminimalisir kerusakan gear kita karena kejadian alam tak terduga, apalagi hujan. Ya walaupun kamera jaman sekarang udah tahan cuaca, tapi kalo partikel air merembes ke dalam lensa juga tetep rusak.


Mungkin hal hal tersebut yang bisa gue bagikan. Intinya, jadilah sesimpel mungkin, tidak usah merepotkan diri sendiri. Dengan sedikitnya gear yang kita bawa, toh kita juga bisa belajar bagaimana bereksplorasi dengan peralatan terbatas.

Lalu, adakah kendala lain saat melakukan street hunting? Atau apa pengalaman menarik kalian saat melakukan street hunting? Coba tulis di kolom komentar, supaya pembaca yang lain bisa lebih tahu. Karena berbagi tidak pernah rugi.


And see you on the next post!

Komentar