Berbicara Caption

Image source: https://static.agorapulse.com/wp-content/uploads/2016/02/instagram-caption-length.jpg

Setiap ingin mengunggah sebuah foto, kita selalu diberikan ruang untuk menulis sebuah caption. Bila didefinisikan secara mudah, caption adalah tulisan yang berada tepat dibawah foto yang berfungsi untuk menjelaskan foto tersebut. Namun masih ada beberapa orang yang tidak mengerti fungsi sebuah caption. Sampat sampai waktu itu kalian pernah memuat Tere Liye sempat marah marah karena kalian selalu memakai quotes nya buat foto selfie.



Sebenarnya sah sah saja untuk kita menulis apapun untuk sebuah caption. Mau itu menulis cerita dibalik foto tersebut, memberi sebuah kutipan dari foto, atau bisa saja dibiarkan kosong tanpa caption. Namun bagi seorang fotografer, caption itu bisa dibilang perlu.
Karena caption dapat menjelaskan sebuah foto agar tepat sasaran. Yang gue maksud tepat sasaran ialah bila orang melihat sebuah foto, maka persepsi dia diharapkan sama dengan yang ingin fotografer harapkan.

Salah satunya adalah Alexander Thian (people know him as @aMrazing on Instagram and Twitter). Dia memiliki cara sendiri untuk menulis caption. Jadi, setiap foto yang diunggah di Instagram akan ia buat cerita dengan gaya penulisan nya yang khas. Jadi para netizen akan mendapatkan rasa emosi yang berbeda dari setiap fotonya.


Sementara itu, gue adalah orang yang menulis caption hanya dengan satu kalimat. Namun satu kalimat ini gue buat agar dapat menjelaskan foto tersebut. Jadi saat orang nantinya bingung dengan sebuah foto, gue sudah menyisipkan kalimat simpel untuk menjelaskan foto tersebut. Kalo masih bingung juga..... mungkin ada yang salah diantara kalian.




Membahas sedikit melenceng tentang caption... Sering banget gue lihat netizen menunggah foto dengan caption caption yang.... murahan cheesy. Seperti,

Kalo foto di pantai, mereka akan membuat caption nya 'vitamin sea'
Kalo foto titik titik air hujan, mereka akan membuat caption nya galau galau
Kalo foto selfie, mereka akan membuat mencari quotes yang bagus, biar disangka rajin baca buku.

Halah...

Tapi balik lagi ke awal tadi, sah sah saja untuk menulis apapun di caption. Yang penting inti dari foto itu dapat tersampaikan kepada orang lain. Dan biarkan mereka yang menilai.

Itu saja dulu yang ingin gue share kepada kalian. Kalau kalian bagaimana? Bagaimana cara kalian untuk menulis sebuah caption bila ingin mengunggah sebuah foto? Silakan bercerita di kolom komentar dibawah yaa. Gue akan merasa senang untuk membacanya.


And see you on the next post!

Nb: bagi likes nya dikit dong, Koh Lexy :( !

Komentar

  1. Aku paling bingung kalo mau bikin caption..
    Kadang makanan doank yang diupload dengan caption nama makanannya plus hastag bla bla bla...
    Caption itu trmasuk seni jg sih tapi saya blm bisa bikin caption yg unik dan berkualitas..hahaha.

    BalasHapus

Posting Komentar

Sebelumnya terima kasih sudah membaca. Gue berharap kalian memberi komentar yang sopan. Ga harus sesuai EYD, kok. Yang pasti jangan pake bahasa 4L4Y, apalagi bahasa binary.

Yo'ciao~