Hobi Baru

Menulis blog, videografi, dan sekarang fotografi.

Belakangan ini gue lagi suka dengan dunia fotografi. Lebih tepatnya setelah membeli kamera Sony Alpha 6000 Agustus 2016. Hobi yang lumayan menguras dompet ini terlihat tidak populer lagi, tapi setelah gue browsing dan ternyata pelakunya masih banyak.

fotografi/fo·to·gra·fi/ n seni dan penghasilan gambar dan cahaya pada film atau permukaan yang dipekakan

Fotografi bagi gue adalah hal yang menyenangkan, namun lumayan sulit. Dibilang menyenangkan karena kita (fotografer) bisa mengatur sendiri sistematis pengambilan gambarnya --ini berlaku untuk one man band photographer-- dan dibilang sulit karena pengaturan kameranya yang rumit dan kalau bisa hasilnya harus klop antara sang fotografer, model, dan orang yang melihatnya.

Selain itu, sebagai fotografer juga harus menguasai software editing gambar seperti Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, dan masih banyak lagi.

Loh, kalo hasil fotonya diedit juga, berarti hasil fotonya jelek dong.

Sebenarnya sah sah saja jika mengedit hasil foto selama unsur utamanya berasal dari kamera dan tidak menambah atau mengurangi unsur yang ada. Namun juga ada orang yang memang dari awal pengambilan foto nya sudah bagus dan tidak perlu diedit lagi.


Maka dari itu, gue coba untuk memfokuskan diri untuk belajar fotografi. Karena setelah gue perhatikan dan mendengar cerita orang , peluang mendapatkan uang dari fotografi ya setidaknya bisa buat makan lah, hahaha. Ya tapi ini tetap menjadi hobi, bukan pekerjaan.

Untuk melihat hasil fotografi gue, bisa cek

Instagram

atau

Flickr

Kalau kalian, ada ga hobi yang menghasilkan uang? Tulis di kolom komentar ya.


One Man Band  Photographer: Fotografer tunggal yang mengatur semuanya sendiri.

Komentar

  1. Salam kenal.. sesama blogger dan juga sesama penggemar fotografi.

    Fotografi bisa menunjang kegiatan ngeblog, apalagi kalau sudah mahir. Foto-foto yang bagus dalam artikel bisa menjadi unsur penunjang agar pembaca mau hadir.

    Sebaliknya blogging bisa mendukung fotografi, setidaknya sebagai wahana untuk memperlihatkan kepada dunia tentang kemampuan kita dalam hal potret memotret.

    Setidaknya itu yang saya rasakan saat mengelola LOVELY BOGOR atau LB FOTOGRAFI. Kedua hal ini bisa menjadi sebuah kombinasi yang baik sekali dan pada akhirnya bisa menghasilkan uang, seperti yang sudah saya rasakan lewat Google Adsense.

    Mungkin mas, mau coba sendiri menggabungkan keduanya. Hal ini bisa membuka peluang yang teramat sangat banyak. Apalagi kalau juga menekuni videografi. Cuma kalau saya sih nggak sanggup harus ketiganya. Butuh waktu lumayan lama untuk belajar.

    BalasHapus
  2. Aku juga tertarik fotografi gara2 Sony Alpha 6000. Masih belajar sih, tapi mudah2an sih makin bagus hasilnya besok2.

    BalasHapus

Posting Komentar

Sebelumnya terima kasih sudah membaca. Gue berharap kalian memberi komentar yang sopan. Ga harus sesuai EYD, kok. Yang pasti jangan pake bahasa 4L4Y, apalagi bahasa binary.

Yo'ciao~