Aplikasi Yang Dapat Membantu Mengelola Waktu

Gue adalah orang yang suka dengan jam. Selain karena bisa bikin gue kelihatan berkelas dan ganteng, karena gue juga peduli dengan waktu. Bisa dibilang gue adalah orang yang mengaku tepat waktu. Itulah kenapa kalau gue datang terlambat, biasanya gue akan lepas jam tangan dan siapin alibi jika ditanya "Kenapa terlambat?".

Menurut gue, manajemen waktu adalah hal yang penting di kehidupan sehari hari. Dan hal ini termasuk sulit, karena susah banget bagi orang Indonesia untuk tepat waktu (on time). Datang ke sekolah, ngumpulin tugas, hangout bareng temen, pasti ada aja si kampret yang terlambat.

Banyak artikel yang mengatakan bahwa bangsa timur kurang menghargai waktu daripada bangsa barat. Gue ga tahu itu benar atau salah, karena gue belum terlalu memperhatikan kebiasan orang timur lainnya. Tapi kalau memang ini benar, jangan dibiarin stigma buruk ini melekat di diri kita.

Gue pernah nulis tentang betapa pentingnya waktu di blog ini (klik disini), dan gue menjadi menganggap bahwa waktu adalah hal yang sangat penting dan tidak pernah mau mundur satu detik pun.



Di zaman yang makin edan canggih, banyak alat (selain jam) yang bisa mengatur waktu kita supaya rapi. Seperti aplikasi dibawah ini:

Alarm
Terserah mau alarm handphone, jam waker, jam gadang, yang penting setiap bunyi, lu harus segera bergegas.

Calendar
Setiap ada tugas, catat di kalender. Bikin kapan hal itu harus dikerjakan, deadline, dan dikumpulkannya. Punya kalender jangan buat catat ulang tahun doang.

Google Keep
Kalo ada memory lebih, coba pakai Keep. Ini adalah agenda yang digunakan untuk mencatat semua to-do list. Dan ini terintegrasi dengan calendar yang ada di Google Account. Jadi, login aja Gmail di HP, dan sinkornasikan kalendernya.






Any.Do
Ini yang suka gue pake. App ini hanya fokus pada agenda pribadi. Jadi, tinggal catat to-do list nya di aplikasi. Saat hari-H, hp tersebut akan menunjukkan jadwal lo hari ini.




Itulah aplikasi yang gue gunakan untuk membuat manajemen waktu gue menjadi lebih baik. Kalo menurut lo, apa yang membuat diri lo jadi ga on time, dan gimana cara mengatasinya?



Thanks for reading!

Komentar

  1. Selama ini gue baru ngandelin alarm doang.. Pen nyoba tuh any.do.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain aja.
      Aplikasinya simpel, menarik, dan ga ada advertising. Menurut gue worth it.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Semuanya juga bagus kok buat mengelola waktu.. =D

      Hapus
  3. Aduh. Jadi pengin ganti android aja. Sebenernya di iPhone sudah lengkap app bawaannya. Tapi ya gitu, susah customize. Aku pengin nyoba app lain, tapi mubadzir dong app bawaannya. Yang ada malah menuh2in memori :( App iphone ngga terintegrasi sama mana2 sih. Nyebelin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue masih awam soal iDevice :p
      Tapi rata rata kawan gue pake Notes bawaan sebagai reminder. Dan btw, Any.Do juga ada di Appstore kok.

      Hapus
  4. baru tau ada aplikasi yang kayak gitu. makasih ya infonya, mau dicoba aplikasinya .

    BalasHapus
  5. so inspiring dan aplikatif. thanks for share ya!

    BalasHapus

Posting Komentar

Sebelumnya terima kasih sudah membaca. Gue berharap kalian memberi komentar yang sopan. Ga harus sesuai EYD, kok. Yang pasti jangan pake bahasa 4L4Y, apalagi bahasa binary.

Yo'ciao~