Book Review: When The Star Falls by Andry Setiawan

Judul: When The Star Falls
Genre: Romance, Drama
Kategori: Novel Fiksi
Penulis: Andry Setiawan
ISBN: 978-602-7742-58-1
Ukuran: 13x19 cm
Terbit: Oktober 2015
-------------------
My rate: 3 / 5.



Sinopsis
Tahu tidak, bintang itu cahaya masa lalu?
Bintang itu, adalah orang yang mati yang meninggalkan seseorang yang ia cintai di bumi.

Lynn, bolehkan aku mengingatkanmu sekali lagi tentang kita?
Tentang bagaimana kita bertemu.
Juga tentang bagaimana kita bertengkar dan berbaikan.
Lalu tentang ciuman pertama kita, dan juga tentang perjalanan kita selama ini.

Aku hanya berharap, besok kau tidak melupakannya lagi.
Karena itu, aku tulis semuanya di buku ini.
Agar saat kau lupa, kau bisa membukanya lagi dan membacanya.
Tentang kita.
Sampai salah satu dari kita menjadi bintang.
Sampai bintang itu jatuh dan menjemput salah satunya.
Bintang terjatuh karena ia mengejar orang yang dicintainya, yang sudah menyusul dirinya.

Review
Sam, seorang pemuda yang tinggal di Jawa Timur, berteman dengan Lynn yang mengalami selective amnesia. Karena selective amnesia nya, Lynn masih bisa mengingat sedikit tentang dirinya dan orang disekitarnya. Namun dia tidak mengingat apa apa soal Sam.
Sam berusaha bagaimanapun caranya agar Lynn mampu mengingat tentang dirinya, sampai membawa dirinya ke dalam masa lalu yang malahan membawa masalah kepada dirinya sekarang.

Gue baru pertama kali baca karya Andry Setiawan. Ralat, sebelumnya gue ga tau Andry Setiawan itu siapa. Sampai akhirnya gue bertemu dengan novel yang covernya berpadu warna putih biru dan terlihat siluet orang sedang memancing bintang yang bertabur di warna biru tersebut. Covernya menarik perhatian gue untuk mengetahui lebih jauh, dan akhirnya gue beli deh!

Setelah gue baca halaman pertama, kedua, lama kelamaan setelah kurang lebih 15 hari, gue sampai di pengujung halaman.

"Indonesia? Serius lo?" sirat hati gue sambil menyeritkan dahi. Latar tempat novel ini adalah Jawa Timur yang menurut gue ga pas banget sama ceritanya. Kalo gue di posisinya Andry atau editornya, gue bakal pilih kota seperti Aachen di Jerman, atau kota kecil di Belanda. Karena (sekali lagi) ga pas, men, ketika headline nya Lynn yang terkena selective amnesia di Jawa Timur.

Reaksi gue? Sedih, namun ga melankolis. Alur nya dibuat rapi karena kata kata pemancingnya yang pas kalau mau mengajak kita buat flashback. Gaya bahasanya juga gampang untuk dimengerti. Dan yang paling gue suka, POV 2 nya yang menjadi bumbu yang menambah rasa sedih.

Tentang karakternya, Sam, gue suka banget. Gue spoiler dikit, Sam ini cowok yang selalu kasihan terhadap dirinya. Kayaknya dia merasa 'Ya Sudahlah' nya Bondan itu menjadi hymne dalam dirinya. Namun, jatuh bangunnya Sam berusaha mengembalikan ingatan Lynn itu bertolak belakang dengan wataknya. Bagaimana dia melakukannya?

Jawabnya ada, di ujung langit bukunya. Silakan dibeli kalo mau tau.

Twistnya bagus, namun menurut gue kurang pecah. Harusnya bisa Andry bikin lebih riuh lagi di bagian ini. Tapi tidak apa.

Buat lo yang suka baca cerita cinta romantis, ini buku yang cocok buat dibaca. Pesanlah segelas kopi, roti hangat, dan duduklah didekat jendela saat sedang dingin atau hujan, itu akan lebih membawa lo kedalam cerita. Dikemas secara ringan, tipis, dan membuat lo nyaman membaca dimana dan kapan aja. Serius, gue aja pernah baca novel ini pas pelajaran PKn, tapi itu ga perlu ditiru.

Favorite quote pilihan gue,
Konon laki-laki lebih lemah daripada perempuan. Toh laki-laki hanya terbuat dari debu dan perempuan terbuat dari tulang rusuk. Jelas sudah kenapa kalian perempuan lebih tegar dan kuat.

Komentar

  1. Review yg lugas, mas :) Singkat dan jelaa pula, klo menurut saya. Tapi, mungkinkah buku saya bisa ter-revier-kan di blog ini secara cuma2? Mungkin mas mau lihat dan beli buku saya yg judulnya Jomblo Ngoceh, terbitan LeutikaPrio bisa lgsng kunjungi situsnya http://goo.gl/JVKo7b

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyou.. :D
      Kalo gue punya duit, moga moga gue beli buku lo. Kecuali kalo emang lo kirimin bukunya secara cuma cuma. Ehehe, ehehehe, ehehehehehe

      Hapus
  2. Saya baru juga nih denger nama penulis dan judul novelnya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Sebelumnya terima kasih sudah membaca. Gue berharap kalian memberi komentar yang sopan. Ga harus sesuai EYD, kok. Yang pasti jangan pake bahasa 4L4Y, apalagi bahasa binary.

Yo'ciao~