Target hidup #1

Source: Google

Sekarang gue masih dalam masa masa pendidikan. Tentu dalam dunia pendidikan, gue ga boleh sembarang pilih tempat buat mencomoti ilmu kan? Sekalinya gue salah memilih tempat, hidup gue mungkin bakal belepotan. Ciyusan.
Tapi gue lihat, banyak orang yang pilih ngelanjutin pendidikannya di luar negeri. Khususnya orang orang yang ber 'kantong'. Gue akuin keluarga gue berada di level ekonomi menengah kebawah, tapi itu bukan berarti gue ga bisa bermimpi buat ngelanjutin pendidikan di luar negeri kan? #AlasanBasi


Biar apa sih ngelanjutin pendidikan di luar negeri? Di negeri sendiri toh banyak tempat pendidikan yang bagus.
Iya sih, tapi yang kita tahu kan di luar negeri itu pendidikannya luar biasa bagusnya. Terus gengsi orang Indonesia kan tingginya selangit, jadi biar ga malu di biografnya nanti.

Jadi kriteria negara yang kayakmana yang bakal jadi tempat gue untuk mengasah diri nanti?


1. Dekat dengan Indonesia
Tentunya gue gabisa jauh jauh dari negara kelahiran gue dong. Lagian kalo kejauhan dari Indonesia, kalo gue mau balik nanti jadi capek, keluar banyak ongkos pula. Juga kalo kejauhan dari Indonesia, pasti pelajar asing dari Indonesia juga sedikit.
Jadi, Amerika, Prancis, Italia, dan Zimbabwe gue blacklist.

2. Mayoritas masyarakatnya bisa berbahasa Inggris
Ini juga penting. Gue mungkin pergi mencari ilmu di negeri orang hanya berbekal mental dan bahasa Inggris level medium rear. Dan otomatis gue juga harus mencari negara yang mayoritas masyarakatnya bisa bahasa Inggris, atau mungkin itu bahasa nasional mereka.
Jadi, Cina dan Jepang gue blacklist.

3. Iklim tidak extrim
Ini juga penting. Tubuh gue ini rentan terhadap cuaca yang terlalu panas, dan juga cuaca yang terlalu dingin. Gue juga ga suka hujan yang kelamaan, atau kemarau yang berkepanjangan.
Jadi, kota yang kayakgitu gue blacklist.

4. Suasana yang indah dan damai
Dengan profesi gue sebagai pelajar dan juga penulis, gue juga butuh suasana yang indah sekaligus damai. Ini berfungsi membuat gue konsentrasi belajar dan juga konsentrasi menulis tentunya. Dan mungkin gue juga bisa jalan jalan sore di hari libur.
Jadi, Singapura, Malaysia, dan Brunei gue blacklist.

Dan setelah gue seleksi, negara yang gue pilih buat menjadi tempat gue mencomot ilmu adalah...


AUSTRALIA

Source: Google

Ya, gue lihat Australia ini adalah negara yang indah dan damai, iklimnya tidak extrim, bahasa nasionalnya adalah bahasa Inggris, dan dekat dengan Indonesia.
Dan karena gue suka sama dunia IT, otomatis gue akan pilih jurusan Teknologi Informasi. Dan universitas yang jadi inceran gue adalah Monash University, di Clayton, Victoria dan University of Technology Sydney (UTS).

Kenapa di Victoria / Sydney?
Karena Victoria adalah wilayah yang strategis di Australia (ke Tasmania deket, ke. Disitu tempatnya sama kayak Indonesia tapi tidak ramai (kecuali di area China Town), kalo indah sih tergantung tempat dan harinya, mayoritas memakai bahasa Inggris.
Sydney adalah ibukota Australia, dan dikenal disana adalah Opera House nya. Disana juga banyak pelabuhan, dan itu adalah pemandangan yang indah ngeliat kapal berlayar.

Kenapa di Monash University / UTS?
Monash University, siapa sih yang ga kenal? Monash dengan menjulang tinggi dengan pucaknya yang berbentuk es krim. *loh...
Monash University itu universitas terbesar di Australia. Bahkan cabang cabangnya udah menyebar sampai Johannesburg, Afrika Selatan. Dengan fakultas yang termasuk kategori unggul, ga heran banyak yang ngebet masuk sini.
UTS, jelas jelas namanya ada unsur 'Technology', ya gue tergoda dong. Gue berpikir mungkin universitas ini unggul di bidang IT. Dan apa yang buat gue berpikir universitas ini bagus? Dia terletak di ibukota Australia.

Itu adalah target gue. Masih ada target target tempat pendidikan gue yang rencanain. Tapi inilah target utama gue yang akan gue usahakan dari sekarang.
Dengan kerja keras dan do'a kepada Yang Maha Kuasa, gue akan berusaha mencapai target. Dan semoga ini bukan sekedar tulisan, tapi ini akan menjadi janji gue untuk bekerja keras dan kerja keras gue itu bisa membeli target gue ini. Amin.


PS: Mungkin ada dari kalian yang pengen ngelanjutin pendidikan ke luar negeri atau punya kesamaan minat. Silahkan share aja di comment box. Akan gue tanggapin kok.

Komentar

Posting Komentar

Sebelumnya terima kasih sudah membaca. Gue berharap kalian memberi komentar yang sopan. Ga harus sesuai EYD, kok. Yang pasti jangan pake bahasa 4L4Y, apalagi bahasa binary.

Yo'ciao~