Bagaimana cara blog menjadi berkualitas?

Hallo, kamu, kamuh, dan qamuuh..

Setelah berhari hari gua blogwalking, baca ini itu, dan rata rata blog yang gua kunjungin itu tulisannya beragam. Ada yang berkualitas tapi gak berkuantitas, ada yang berkuantitas tapi berkualitas, ada yang gak berkualitas dan berkuantitas. Iya, contohnya gue. #aku_jujur




Nah, kali ini gua mau ngeshare "Bagaimana caranya menjadi pembantu sukses blogger berkualitas." Oh ya, tips tips yang gua tulis ini ada yang buatan gua sendiri, dan ada yang nyomot dari blogger lain, so mohon maaf kalo keliatan repost.



1. Post yang berbobot
Ini penting banget kalo blog lu pengen sukses. Kalo content blog lu hanya "Aku galawh" atau "Aku kena PHP?!?", siap siap aja blog lu jadi Museum Tulisan Galawh.

Solusi: Carilah "Hot Thread" pada hari / minggu itu, cari kepastian beritanya, dan post dengan gayamu sendiri. Klik "Publish" dan tunggu menjadi santapan para blogwalker.

2. Jangan kebelet posting.
Oke, ini bukan berarti lo harus pergi ke jamban, bawa laptop sambil posting. Tapi jangan buru buru untuk posting sesuatu. Misalkan aja berita Google Nose yang bikin gempar sejagad, baru 2 jam launching berita, lu langsung bikin post. 3 hari kemudian, postingan lu bakal diketawain orang orang.

Solusi: Cari dulu kebenaran beritanya. Kalo udah dapet informasi yang cukup, baru deh lo posting ke blog kesayangan kamu.

3. Waktu yang konsisten
Kalo lu buat post 1 windu 3 kali, jangan harap ada yang mau dateng ke blog lu deh selain laba laba dan kecoak hamil diluar nikah.

Solusi: Pakailah waktu yang enak buat post, kalo gue sendiri sih 1 minggu 3 kali buat post (meskipun sering ngaret tipis tipis)

4. Font
Ini lumayan penting. Jika font yang lu pake buat nulis k4yAq b'Gene3e3ehHh.,.,., otomatis reader lu bakal banting laptopnya dan teriak "BITCH INSTO PLEASE!!"

Solusi: Pakailah font yang sewajarnya. Menurut gue lebih bagus pake font tipe Helvatica begini. Lebih enak dilihat


5. Ciri khas
Ini penting juga. Jika blog lu cuma jadi plagiatan blog orang lain, ya kasih lima. BYE!

Solusi: Ini mungkin yang akan jadi permasalahan. Soalnya ciri khas ini harus dari otak kreatif sang blogger sendiri.

6. Komedi pake hati
Ini gua dapet lewat Alitt Susanto (dan ternyata dia dapet dari Raditya Dika.) Jika post lu pake struktur komedi yang plank! maka reader lu akan ketawa sambil pegang titit tanpa ada hikmah yang diambil.

Solusi: Kalo mau buat post komedi, ingatlah "Komedi pake hati." Jangan asal ngakak, pastikan ada hikmah yang dikutip dari post tersebut

7. Iklan
Banyak blog gua lihat iklannya gak bermutu kayak "Obat mencret cap 55" atau "Obat memperkuat "pisang ambon" Anda!" Dan akhirnya reader lebih memilih iklan daripada artikel lo. Happy Ending!

Solusi: Usahain hindari penggunaan iklan kayakgitu. Disini ada RU17 (Reader Under 17) jadi usahain hindari iklan begono.

Itulah tips tips dari gua agar jadi blog berkualitas,
Dan apakah lo udah siap jadi blogger berkelas executive?

Komentar

  1. Visit blog gue ya......
    krisnasathya.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Sebagai blogger newbie saran dari ente paling tidak memberikan pencerahan buat ane. Secara ane masih buta dengan how to increase visitor in my blog.. Thx gan kalau gak keberatan visit punya ane ya.. http://rabunsenja.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika lu berpatokan 'increase', berarti udah bicarain soal kuantitas. Disini gue bahas soal kualitas. Jadi mohon banget, baca judul sebelum komentar.

      Ga heran kalo lu ngaku newbie, lu aja komen asal jeplak.

      Hapus

Posting Komentar

Sebelumnya terima kasih sudah membaca. Gue berharap kalian memberi komentar yang sopan. Ga harus sesuai EYD, kok. Yang pasti jangan pake bahasa 4L4Y, apalagi bahasa binary.

Yo'ciao~