Success Key from Mark Zuckerberg

Siapa manusia yang kagak kenal sama jejaring sosial Facebook, dan sang ayah, Mark Zuckerberg?

Eaps, mereka bedua ibarat pena dan isinya. Sama sama penting. Tanpa Facebook, Mark pasti udah kagak ngetop, dan tanpa Mark, Facebook kagak bakalan lahir.

Tapi perjuangan Mark ngelahirin Facebook kagak segampang balik telapak tangan ular. Mark harus ngelewatin berbagai macam masalah, seperti putus sama kekasihnya, keluar dari kampus, mengikuti banyak sidang, sampai kehilangan sahabatnya sendiri.
But, Mark kagak putus asa. Dia mengambil keputusan keluar dari kampusnya yang ternama, ya, Harvard University. Mark kepengen fokus sama jobnya ngelahirin, ngembangin, dan menyusui Facebook.
Lebih lengkapnya, lu nonton "The Social Network" aja, jangan lupa beli CD Originalnya. Oke, ini mental sales banget...

Back to position, gua akan share Success Key from Mark Zuckerberg.
So, cekidod~



1. Mimpi
Facebook dibangun bukan karena kagak sengaja. Mark ngerancangnya mulai dari mimpi yang berani, and make it happen!
"Kami membangun sesuatu yg kami pikir bagus. Kami ingin membantu orang berbagi foto, video, dan berkomunikasi online jarak jauh."

2. Think BIG
Meski awalnya cuman "proyek" kampus, Mark berpikir bahwa dengan Facebook, cara berkomunikasi akan menjadi mudah.
"Dengan memberi orang kekuatan untuk berbagi, kami membuat dunia lebih transparan"

3. Mulai dari hal kecil
Beruntung di zaman teknologi ini, kagak perlu hal besar untuk memulai sesuatu yang bakal menjadi besar.
Contohnya aja Bill Gates dan Steve Jobs, pertama kali memulai karirnya dari hal kecil (membangun proyek di garasi)
Sama halnya dengan Mark, yang membangun Facebook di kamar kecil. (baca: kamar yang kecil)

4. Optimis

Memulai bisnis tentu bukan hal yang mudah. Namun bekal pengetahuan dan kemampuan bisa mempermudahnya. yakinlah pada kemampuan diri sendiri menjadi modal kita. 

"Saya memulai belajar website ketika masih 19 tahun. Saya awam tak tahu apa-apa soal bisnis. Tetapi kunci simpelnya adalah, jika kita memulainya dari sesuatu yang lebih mudah, kita pasti bisa membuat suatu progress (kemajuan) menjadi lebih mudah,"



5. Tekun dan fokus

Fokuslah pada impian kita dan tekunlah mengerjakannya. Jangan mudah menyerah karena tak ada sukses yang didapat dgn instan, termasuk Mark, dalam membangun Facebook :
"Orang berpikir bahwa kami membangunnya seperti fiksi. Padahal kami harus bekerja keras untuk membangun Facebook kami membutuhkan waktu selama 6 Tahun." 


6. Ikuti gairah
Pekerjaan apa yg membuat kita bergairah, di situlah sukses kita berada. 
Mark begitu menyukai duduk berlama lama di depan komputer sejak bocah untuk membuat suatu program. Gairah itu ia pelihara hingga kuliah. Kendatipun ia drop-out, bukan berarti gairahnya berkurang. Justru ia makin tertantang hingga lahirlah Facebook.

7. Never give up
Mark memulai Facebook dengan impian website itu akan menjadi social media dunia. Padahal saat itu sudah ada raksasa yg menguasai dunia Internet yaitu Google 
Namun selalu ada jalan harapan utk para petarung sejati, model baru, atau peluang baru yang belum digarap pihak lain.
Karena itu tak perlu takut memulai hal yang baru dan bersaing menghadapi raksasa. Selama kita yakin apa yang dilakukan adalah sesuatu hal baru dan potensial menjadi raksasa, tak perlu takut memulainya.
Keberanian adalah modal utama orang-orang sukses. Buktinya, meski sudah ada raksasa, Facebook tumbuh menjadi raksasa baru 

So, let's make success by yourself, NOW!

Source: Kaskus HT

Komentar